Saturday, July 20, 2013

Tips anak agar jujur

Pendidikan karakter terutama kejujuran memang kadang kita lupakan, dari berjuta keinginan agar anak kelak bisa menjadi dokter, insinyur, dan lain-lain kadang merupakan prioritas utama dan kadang menjadi tujuan utama agar dicapai oleh sang anak, kadang kita memaksakan kehendak kepada sang anak untuk berbuat sesuatu, les bahasa inggris, les ini dan itu sehingga waktu bermainnya akan habis dengan les ini dan itu, apakah mereka bahagia dengan les tersebut atau merasa terbebani?, semua akan terlihat dari keceriaan anak tersbeut, bagaimana jika kita diposisi sang anak bukan diposisi orang tua, padahal masa kecil mereka hanya satu kali dan tak mungkin kembali lagi, apakah mereka dapat bahagia dengan keinginan kita atau tidak?

Mau tips selanjutnya..
 Tips agar anak dapat jujur dan terbuka dengan kita..
1. Kita harus jujur dan terbuka kepada anak, dari hal kecil atau janji apapun sedapat mungkin kita penuhi dan jika tidak dapat kita penuhi maka kita harus memberikan mereka alasan, mengapa kita tidak dapat memenuhi janji tersebut.

2. Biasakan mendengarkan isi hati mereka dengan menatap mata mereka dan hargai pendapat mereka, kadang pendapat mereka sesuatu yang tidak pernah kita duga dan merupakan kejujuran dari sikap mereka.

3. Sediakan waktu untuk anak kita per hari, apakah kita dapat membiasakannya?

4. Jika mereka berbohong jangan dimarahi tetapi diberi pengertian, bahwa hal tersebut tidak baik dan berakibat buat diri mereka sendiri dan kita tidak menyukai jika mereka melakukan hal tersebut.

5. Kita harus berkomitmen kepada mereka bahwa kita jujur kepada mereka dan mereka percaya dengan diri kita.


No comments: