Monday, January 10, 2011

disiplin pada anak

menulis artiket atau update blog sangat sulit,untuk share ini saja saya diganggu dan diajak bermain oleh putri anak saya,dia naik diatas punggung saya dan mengajak bermain tak umpet.
Mendidik disiplin anak harus sedini mungkin agar ia mengerti dan mematuhi atauran,itu bukan pekerjaan yang mudah,mengapa?
karena kita sebagai orang tua harus mencontohkan secara langsung, jika kita aja tidak disiplin dan kita meminta ia disiplin maka akan sulit dan akan protes. belajar dari pengalaman saya waktu saya mengajarkan ia membereskan mainannya sulit sekali dan harus dengan beberapa tahap,yaitu :
1. anak jangan dimarahi
2. kita juga membantu anak utnuk membereskan mainannya
3. sambil membereskan kita jelaskan mengapa harus dibereskan mainannya
4. kita juga harus mencontohkan kepada anak kita bertanggung jawab juga terhadap benda yang sering kita gunakan.

cara mengajarkan disiplin kepada anak dari hal yang kecil-kecil terlebih dahulu, seperti menaruh mainannya pada tempatnya, membuang sampah pada tempatnya, tetapi ingat jangan dipaksa agar dia menurut kepada kita karena akan menimbulkan kesan bahwa hal tersebut tidak mengasikkan,buat hal tersebut mengasikkan.

No comments: